Kamis, 18 November 2010

Gayus dan Adnan Buyung Punya Hubungan Khusus


JAKARTA, KOMPAS.com - Advokat senior, Adnan Buyung Nasution, yang juga merupakan kuasa hukum mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan menyatakan tetap berkomitmen untuk mendampingi kliennya tersebut. Ia pun menyadari banyak kalangan seprofesinya yang menghujat sikapnya ini, namun demi membongkar kasus korupsi di Indonesia, Adnan tetap maju dengan sikapnya itu.
"Saya sempat mengatakan pada publik kalau terbukti Gayus ke Bali, saya akan tinggalkan dia. Itu sifat dasar wajar saya yang keras. Kalau soal Gayus ini saya harus terpaksa bersikap lain karena ada kepentingan lain yang saya pertaruhkan," ucap Adnan, Kamis (18/11/2010), di kantornya, Menara Global, Jakarta.
Ia menjelaskan bahwa kepentingan lain yang dipertaruhkannya adalah upaya pemberantasan korupsi sekaligus menguak praktek mafia hukum dan pajak di negeri ini. "Saya sempat tanya ke Gayus apa masih komit dengan itu (pemberantasan korupsi) apa tidak? Kalau tidak Abang tinggalkan sekarang," Adnan menceritakan.
Adnan melanjutkan saat itu, Gayus menjawab, "Bang saya commit jangan tinggalkan saya karena saya mau bongkar semuanya." Dengan komitmen tersebut, Adnan memutuskan tidak meninggalkan Gayus dan terus mendampinginya. "Memang saya dikritik dan dihujat bahkan dalam satu kongres advokat di Bali, tapi ada pertimbangan lain yang saya lakukan. Ini pertama kali advokat ikut terlibat untuk membongkar korupsi secara all out. Walaupun banyak dihujat, tapi banyak yang meminta saya tidak berhenti berjuang, saya tidak mau mengecewakan mereka," ucapnya.
Lebih lanjut, Adnan menjelaskan tentang bentuk relasi yang terjadi antara dirinya dengan Gayus memang tidak seperti antara advokat dan klien pada umumnya. "Fungsi advokat biasa untuk mencari nafkah tidak pernah saya begitu. Bagi saya, harus ada nilai-nilai keadilan yang dibela. Ketika dikritik advokat, Abang kok lucu, advokat itu kan untuk bela klien bukan bongkar kesalahannya. Saya diam saja, saya mau memberikan contoh kalau advokat tidak demikian," tandas Adnan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar